• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Rabu, 22 September 2010

    SEBERAPA PENTINGKAH AIR DALAM HIDUP KITA ?

    Air sangat penting dalam hidup kita. Hampir semua sel dan jaringan bukan hanya mengandung air tetapi terus-menerus diliputi oleh cairan. Tiap sel tubuh membutuhkan air untuk melaksanakan fungsinya. Tidak ada yang dapat menggantikan fungsi dari air putih yang menyehatkan dibanding dengan minuman jenis lain.


    Mengapa Manusia Butuh Air ?
    Untuk mencapai kesehatan yang optimal, air merupakan kebutuhan yang mutlak bagi tubuh. Sekitar 75-80 persen berat bayi baru lahir terdiri dari air, sedangkan 70 persen berat badan orang dewasa terdiri dari air. Komposisi otak manusia terdiri dari 85 persen air, darah manusia terdiri dari 83 persen air, otot-otot manusia terdiri dari 75 persen air, sumsum tulang terdiri dari 20-25 persen air, Jadi, hampir setiap sel dan jaringan tubuh manusia, bukan saja terdiri dari cairan , tetapi senantiasa terendam dalam air dan memerlukan air untuk melaksanakan fungsi sel-sel tersebut.
    Itu sebabnya tubuh tidak dapat dipisahkan dari air, terlebih air putih. Sebab itu maka cairan yang terbaik untuk dikonsumsi sehari-hari adalah air putih.
    Dengan demikian, air sangat vital bagi  kehidupan dalam berbagai manfaat dan fungsi yang diperlukan sebagai media di mana metabolisme tubuh berlangsung, alat pengangkutan dalam sistem tubuh berlangsung, bahan pelumas untuk pergerakan tubuh, fasilitator pencernaan, pengangkut kotoran untuk dibuang melalui ginjal,  pengatur suhu tubuh, dan bahan utama darah yang beredar dalam tubuh.
    Kira-kira dua pertiga air yang masuk dalam tubuh kita, berasal dari cairan yang kita minum, sedangkan sepertiganya berasal dari makanan.

    Jumlah Konsumsi Air Sehari
    Sejumlah kecil dari cairan tubuh diperoleh sebagai hasil sintesa dari metabolisme makanan kita. Kehilangan air dari tubuh kita tergantung dari suhu udara dimana kita berada dan kegiatan tubuh kita. Bila rata-rata manusia normal mengeluarkan sebanyak 2400 ml air perharipada suhu normal dan 6700 ml ketika berolahraga berat, maka meminum sekitar 2000 ml sehari (8 gelas) , maka cairan yang hilang akan tergantikan. Namun bagi seorang yang aktif bisa minum lebih banyak untuk mengganti yang melalui keringat pada waktu udara panas. Pedoman praktis kebutuhan minum air ialah meminum air sepanjang hari, sampai air seni yang keluar jrnih atau sedikit keruh.
    Terlalu sedikit air mengakibatkan dehidrasi. Dehidrasi sedang (hilangnya 1-2 persen berat badan) dapat menurunkan energi yang membuat lelah. Sementara terlalu banyak kehilangan air menyebabkan berkurangnya konsentrasi serum natrium tubuh sehingga menyebabkan sangat lesu/malas.Karena itu penting kita sering minum air.

    Resiko Kehilangan Banyak Cairan (Water Loss)
    Apakah yang terjadi bila tidak meminum air? Meski tubuh akan berusaha untuk mempertahankan jumlah cairan tubuh, namun kehilangan air melalui pernapasan dan kulit akan berjalan sebagaimana biasanya (insensible water loss).
    Kehilangan air secara berlebihan akan mengganggu fungsi penting dari tubuh. Sebagai reaksi kompensasi, tubuh akan berusaha mengurangi keringat dan air seni. Akibat dehidrasi ini maka mekanisme untuk mendinginkan tubuh, menjadi terganggu, sehingga suhu tubuh naik. Kemudian terjadilah gangguan dalam pembuangan kotoran tubuh dan darah kita menjadi lebih pekat. Persentase sel-sel darah atau hematokrit mengalami perubahan dan berdampak pada jantung.
    Disamping baik untuk kesehatan jantung, minum air putih yang cukup membuat darah encer dan menghindari stroke. Kekentalan darah mempunyai hubungan erat dengan tekanan darah. Lebih kental darah anda maka akan lebih sulit jantung memompakan darah sehingga tekanan akan naik. Tak heran penelitian yang dilaporkan oleh Grimm, Neaton, dan Ludwig dalam Journal of American Medical Association menyatakan bahwa tekanan darah yang rendah serta encernya darah bekerjasama dalam menurunkan kemungkinan untuk terserang stroke.

    Minum Air Putih Menambah Vitalitas
    Manfaat menakjubkan minum air putih secara cukup ternyata berkontribusi untuk menambah vitalitas. Pada percobaan yang diadakan Dr. Pitss dari Harvard University, terhadap para atlit dalam latihan treadmill menmukan bahwa atlit yang minum cukup air (seimbang dengan keringat yang keluar) akan sanggup untuk terus berjalan diatas treadmill  selama 7 jam sebab tidak merasakan lelah sama sekali.

    Air Untuk Pengobatan
    Selain untuk kebutuhan dalam tubuh, air juga dibutuhkan diluar tubuh untuk hidroterapi (pengobatan dengan air). Suatu hidroterapiharian yang mujarabadalah mandi. Mulailah mandi dengan temperatur normal sekitar 36 derajat celcius. Sesudah mandi dengan memakai sabun, naikkanlah suhu air mandi sampai sepanas yang dapat ditahan oleh tubuh (selama 1-2 menit) sehingga pembuluh darahanda akan melebar dengan baik. Kemudian turunkan suhu air mandi anda secara tiba-tiba sekitar 10-20 derajat celcius selama 20-40 detik. Anda akan merasa gemetar kedinginandan terus keringkan tubuh anda dengan handuk secepatnya.  Dengan demikian perdaran darah anda akan lancar selalu.
    Semoga Tetap Sehat.

    Oleh: Roy M. Hutasoit

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar