• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Sabtu, 13 November 2010

    BAHAYA DI BALIK NIKMATNYA KOPI

    Minum kopi cukup dikenal manusia, dan minuman ini sudah dikenal dimana-mana sejak ratusan tahun lalu. Begitu terkenalnya kopi sehingga ada istilah coffee break atau rehat kopi di setiap acara resmi baik seminar, rapat-rapat, lokakarya dan sebagainya. Dalam hidup sehari-hari, kopi dijadikan pendamping sarapan. 
    Sangat jarang kita mengetahui dampak negatif kopi bagi kesehatan. Paling-paling yang kita tahu adalah badan kita terasa segar, kantuk hilang setelah menenggak kopi. 
    Menurut analisa, dalam kopi terkandung senyawa kimia Xantin yang meliputi Kafein tentunya. Kafein dapat merangsang susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, pembuluh darah maupun jantung. Sebabnya tidaklah heran ketika kita minum kopi (1-3 gelas) tubuh terasa segar, bergairah, berpikir cepat, tidak mudah lelah atau mengantuk. Dampak inilah yang menyebabkan orang sulit melepaskan kebiasaan minum kopi. Padahal manfaat diatas justru merusak dan menimbulkan resiko bagi seseorang yang mengkonsumsinya. 
    Kafein acapkali dijadikan bahan pelengkap pada obat sakit kepala. Pasalnya, kafein memiliki kemampuan mempersempit pembuluh darah ke otak, sehingga pelebaran pembuluh darah di daerah otak yang menyebabkan kepala sakit, bisa ditanggulangi. Bahkan senyawa xantin dalam dosis rendah mampu merangsang susunan saraf yang sedang depresi, misalnya akibat kecanduan narkoba dan alkohol. Sehingga muncul pendapat bahwa kafein dapat memperbaiki fungsi mental penderita yang keracunan alkohol. Lebih jauh, kafein ternyata dapat menetralisasi asam lemak dalam darah.

    EFEK KECANDUAN
    Kebiasan minum kopi acapkali menimbulkan kecanduan baik psikologis maupun fungsi-fungsi tubuh. Ciri umumnya adalah rasa letih atau lelah, tak semangat dan mengantuk bila seharian tidak minum kopi. Padahal minum kopi dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti jantung berdebar, gelisah, sulit tidur, gugup, tangan gemetar, bahkan mual atau muntah.
    Minum kopi juga sangat berbahaya bagi penderita darah tinggi karena senyawa kafein bisa menyebabkan tekanan darah meningkat tajam. Selain itu kopi juga bersifat diuretik atau menarik air dalam darah sehingga sering ingin kencing.

    RESIKO PADA WANITA
    Bagi wanita, minum kopi beresiko mengurangi kesuburan, apalagi bila dikombinasikan dengan alkohol . Demikian pula bagi wanita menopause, dapat mempercepat pengeroposan tulang.
    Dalam suatu penelitian di Amerika memberitakan bahwa wanita yang mengkonsumsi 300 mg kafein perhari memiliki kesempatan 27 persen lebih rendah untuk hamil dibanding mereka yang bebas kafein. 

    GANTI KE AIR PUTIH
    Bebrapa penlitian memang membuktikan adanya beberapa manfaat dari minum kopi. Tetapi penelitian itu rata-rata belum final, jadi masih akan diteliti lebih lanjut. Semuanya itu menimbulkan dilema, oleh sebab itu bijaklah kita memilih karena jauh lebih banyak dampak buruknya dari pada manfaat bagi kesehatan.
    Atas dasar itulah alangkah baik bila tidak minum kopi, terlebih bagi penderita jantung. Kopi bisa digantikan dengan air putih segar yang menyehatkan, jus buah, sayuran segar, suplemen vitamin karena jenis ini tidaklah mengandung kafein tapi tinggi vitamin dan mineralnya.
    Semoga Tetap Sehat Adanya...






    3 komentar:

    1. Busseettt itu photonya mau ngopi atau kehausan habis narik becakk?????

      BalasHapus
    2. @mizzu.net
      itu tipe maniak kopi gan...

      BalasHapus
    3. mampir balik gan. postingan blognya menarik. sukses selalu ya :)

      BalasHapus