• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Sabtu, 15 Januari 2011

    MATA ANDA SAKIT KARENA KELAMAAN MENATAP LAYAR KOMPUTER DAN HANDPHONE?

    Jaman sekarang hidup kita banyak bersentuhan dengan kegiatan di depan Layar Komputer ataupun Layar Handphone. Oleh sebab itu beberapa jenis gejala penyakit yang ditimbulkan dari terlalu lama bekerja lewat Komputer ataupun bermain game dan internetan  di Layar HP yang kecil. 

    Salah satu penyakit yang ditimbulkan  adalah Repetitive Stres Injury (RSI) dan Computer Vision Syndrome (CVS).

    RSI merupakan rasa sakit yang timbul akibat dari gerakan berulang pada satu bagian tubuh tertentu dan dan posisi duduk yang lama dan menetap. Posisi kita dalam bekerja, meja kerja dan perangkat kerja kita sangat menentukan timbulnya RSI ini. Bagian yang biasanya terserang adalah leher yang menjadi kaku, pergelangan tangan, dan punggung.

    Sedangkan CVS merupakan rasa lelah pada mata yang diakibatkan radiasi dari layar komputer karena terlalu lama bekerja di depan layar komputer. Sehingga mata menjadi terasa kering, berair, terasa panas atau pusing bahkan memerah. Untuk itu, peletakan layar monitor sebaiknya berada di bawah mata dengan siku dalam posisi 90 derajat. Biasakan untuk beristirahat setidaknya 15 menit setiap jam dan alihkan mata Anda pada pandangan lain, kalau bisa fokuskan pandangan pada obyek yang jauh. Duduklah dengan tegak dan jangan bersandar miring pada kursi karena posisi duduk yang salah dapat menimbulkan rasa nyeri pada otot. Gunakan perangkat komputer yang tepat, seperti monitor, keyboard, mouse yang pas dengan besar telapak tangan agar pengelangan tangan pun tidak kaku.

    Cara mengatasi RSI:
    • lakukanlah pemijatan pada otot dan saraf yang mengalami ketegangan.
    • sebaiknya, lakukan peregangan secara berkala pada bagian-bagian tubuh yang sering terserang kaku agar otot-otot mengalami relaksasi.
    • agar mata tidak mudah lelah dan cepat kering, berkediplah sesering mungkin. Dengan berkedip, mata menjadi basah sehingga terhindar dari ketegangan mata maupun efek pusing yang ditimbulkan.
    Semoga bisa membantu masalah anda.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar