• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Sabtu, 12 Februari 2011

    BUKTI MANUSIA BEREVOLUSI? TELAH DITEMUKAN FOSIL KAKI BERUMUR 3,2 JUTA TAHUN YANG LALU

    Seperti yang ditulis oleh SienceDaily 11 Feb 2011, sebuah tulang kaki lengkap ditemukan di Hadar, Etiopia menunjukan bahwa pada 3,2 juta tahun lalu nenek moyang manusia jenis Australopithecus afarensis berjalan bipedally (berjalan tegak dengan 2 kaki) layaknya manusia modern. Posisi tulang itu terdapat metrasal ke empat atau tulang midfoot (lihat gambar).
     

    Posisi keempat Metrasal dalam kerangka kaki
    Penelitian ini membantu menyelesaikan perdebatan panjang mengenai  Australopithecus afarensis yang berjalan layaknya manusia modern lakukan. Para ilmuwan berdebat mengenai pemanjat pohon berkaki empat seperti simpanse dan bipedalisme manusia.
    Petanyaannya apakah Australopithecus afarensis telah berkembang lengkungan tulang kakinya layaknya manusia? Bukti fosil tulang ini banyak memberikan penjelasan mengenai cara berjalan manusia purba itu. 
    Spesimen ini ditemukan di Situs Purbakala 333 Hadar yang dikenal dengan nama First Family Site yang merupakan sumber fosil terkaya Australopithecus afarensis, di Afrika Timur dengan lebih dari 250 spesimen fosil  yang mewakili 17 Manusia Purba.
    Dan kesimpulan para ahli purbakala bahwa tak satu pun fitur-fitur kera atau simpanse  yang ditemukan pada fosil kaki Australopithecus afarensis yaitu  suka memanjat pohon, bergelantungan, mencengkeram dengan kaki dan lain-lain. Karena tulang kaki kera agak melengkung sedangkan tulang kaki Australopithecus afarensis layaknya tulang kaki manusia.


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar