• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Jumat, 04 Februari 2011

    DR. MARTIN COOPER SI PENEMU PONSEL PERTAMA DI DUNIA

    DR. MARTIN COOPER
    Seiring dengan perkembangan jaman maka Ponsel jaman sekarang sudah bukan barang baru lagi tapi sudah menjadi kebutuhan bahkan gaya hidup sehari-hari. Hidup kita seakan ada yang hilang bila tanpa Ponsel. 
    Dengan Ponsel maka dunia seakan "diperkecil" katanya hehehe...
    Oleh sebab itu baiklah kita mengenal orang yang telah berjasa menemukan Ponsel untuk kesenangan umat manusia.
    Ya... penemunya adalah DR. Martin Cooper dari AS.
    Coopers adalah seorang mantan manajer divisi umum di perusahaan telekomunikasi Motorola. Dan dianggap sebagai penemu handset portable pertama sekaligus membuat panggilan pertama Ponsel portabel pada bulan April 1973. Panggilan pertama ini dilakukan untuk menyaingi rivalnya Joel Engel sebagai pimpinan Penelitian Bell Labs waktu itu. 
    Perusahaan AT&T, Bell Laboratories pernah memperkenalkan ide komunikasi seluler pada tahun 1947. Akan tetapi Perusahaan Motorolla dan Bell Labs, pada tahun enam puluh-an sampai awal tujupuluh-an berlomba-lomba untuk menggabungkan teknologi seluler dalam perangkat portabel.
    Cooper bercita-cita agar orang-orang nanti bisa membawa telepon itu kemana saja. Ketika  dia menjabat manajer proyek di Motorolla pada tahun 1973, maka dia mendirikan base station pertama di New York dengan produk pertama Ponsel Motorolla Dyna-Tac. Setelah melakukan pengujian awal di Washington maka Cooper bersama Motorola membawa teknologi Telekomunikasi itu ke New-York untuk di perkenalkan ke Publik.
    Pada tahun yang sama, ketika perusahaan mendirikan Base Station (server) untuk melayani demo pemakaian pertama layanan seluler publik, Motorolla berusaha membujuk Komisi Komunikasi Federal untuk mengalokasikan ruang frekwensi swasta bagi teknologi komunikasi jenis baru tersebut.
    Model Ponsel Pertama
    Motorola Dyna-Tac
    Pada tanggal 3 April 1973, sambil berdiri di sebuah jalan di dekat Hillton Manhattan, ia mencoba panggilan pribadi pertama sebelum pergi ke Konferensi Pers di lantai atas hotel itu. Dia mengambil handset Motorola 2-Pound yang disebut Dyna-Tac kemudian menekan tombol "off hook". Ponsel menjadi hidup dan terhubung ke  Base Station yang ada di atap gedung Burlington Consolidated Tower (sekarang gedung Alliance Capital Building) kedalam sistem land-line. Beberapa orang yang kebetulan lewat, mejadi bingung melihat Cooper  mendial nomor dan menempelkan ponsel itu ketelinganya sambil berbicara sendirian.


    Siapa DR. Martin Cooper ?
    Dia dibesarkan di Cicago dan meraih gelar di bidang teknik elektro di Institut Teknologi Illinois. Setelah empat tahun bertugas di angkatan laut  (kapal selam dan kapal perusak), kemudian ia bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi. 
    Ketika di sewa oleh Motorola pada tahun 1954, ia bekerja pada pengembangan produk-produk portabel, termasuk radio genggam  portabel Polisi pertama, yang dibuat untuk Departemen Kepolisian Cicago pada tahun 1967. Kemudian dia memimpin penelitian seluler di Motorola.



    1 komentar:

    1. BlueHost is ultimately the best web-hosting provider with plans for all of your hosting requirements.

      BalasHapus