• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Senin, 14 Februari 2011

    MANFAAT UNIK AIR LIUR KITA

    Anda mungkin tidak pernah peduli yang namanya air liur (saliva/ludah) atau bahkan anda merasa jijik atau enggan mebicarakannya. Padahal air liur kita memegang peranan penting sebagai salah satu komponen penunjang hidup manusia. Tapi bila air liur anda tiba-tiba habis maka anda akan kelabakan untuk mencarinya kembali he..he..he... 
    Air liur kita tak sekedar membantu mengunyah makanan tapi membantu dan melindungi dari kerusakan gigi, selaput dinding mulut, mengatur tingkat keasaman mulut dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang merugikan. 
    Tetapi apabila air liur berkurang maka timbul plak gigi, enamel gigi menipis, gigi berlubang, pertumbuhan jamur mulut akan merajalela, bau mulut bahkan kanker mulut. Menurut Diaz Arnold, kerja air liur dalam mulut mirip  seperti proses pencucian mobil otomatis. 
    Produksi harian air liur dapat saja berkurang atau menghilang karena berbagai alasan sehingga mengakibatkan mulut kering (xerostomia). Radiasi sinar X pada kepala dan leher dapat menghambat kelenjar ludah, sindrom Sjorgen, penyakit autoimun yang menjadikan mata dan mulut kering. Namun ingat..! penyebab paling umum dari mulut kering adalah obat-obatan. Paling sering adalah obat untuk jantung, obat alergi dan asma (antihistamin) yang banyak di jual di warung-warung obat. Lebih parah lagi apabila kita mengkonsumsi obat itu lebih dari satu macam. 
    Kebanyakan kita tidak menyadari akibat dari mulut kering sangatlah serius. Gigi akan rusak dan membusuk, pertumbuhan jamur tidak terkontrol, susah menelan makanan karena kurangnya pelumas air liur. Setelah itu barulah kita mencari dokter kemudian  dokter bahkan akan memberikan obat yang berefek samping mulut kering juga, maka lengkaplah penderitaan kita. 
    Menurut Diaz Arnold, solusinya adalah kurangi makanan manis dan asam, minuman penambah stamina dan permen, bagi penderita mulut kering.
    Untuk merangsang produksi air liur secara alami maka minumlah banyak air, kunyahlah permen atau permen karet bebas gula. Hindari permen asam, kafein (kopi dan coklat), alkohol (termasuk obat kumur) yang dapat mengeringkan mulut. Gunakanlah pasta gigi yang tidak mengandung deterjen. 
    Air putih merupakan  solusi yang terbaik selama ini. Ada juga disediakan obat perangsang produksi air liur tetapi harganya sangat mahal dan daya kerjanya hanya singkat dan tidak permanen. Oleh sebab itu hendaknya kita jaga air liur kita berproduksi dengan normal karena sesungguhnya tidak ada air lain yang dapat menggantikan air liur kita. 

    Semoga tetap sehat selalu.

    2 komentar:

    1. kalo air liur sndiri ya ga jijik, kadang tertelan tanpa sengaja aja ga nyesel xixixi
      Trimakasih buat info sehatnya tentang air liur bagus...

      BalasHapus
    2. Thnx sist sudah comment.....moga sukses...

      BalasHapus