• HOME PAGE
  • TIPS HIDUP SEHAT
  • BISNIS ONLINE
  • SMS GRATIS
  • SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI !!

    Selasa, 13 Desember 2016

    Pengalaman Mengupgrade Game PlayStation2 Slim Jadul dengan Chip Matrix

    Memiliki perangkat Game Play Station2 Slim jadul merupakan kebanggaan tersendiri. Game inilah yang selalu menemani anak-anak di waktu senggang dulu.  Tapi seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini, anak-anak maupun orang dewasa termasuk saya cenderung lebih memilih bermain game melalui gadget masa kini. Oleh sebab itu perangkat game PS2 ini jadi jarang di gunakan di rumah dan  sudah berdebu bahkan sedikit karatan. 
    Saya berinisiatif untuk mencoba lagi dan berharap perangkatnya masih bisa dipakai dari pada cuma dibiarkan tidak terurus. Setelah di test berkali-kali sepertinya optik tidak bekerja dengan baik dan  selalu gagal mendeteksi lagi kaset (CD) sehingga yang muncul hanya logo PS2 di layar TV, oalaahh...

    Setelah cari info sana sini ternyata PS2 nya bisa di upgrade dengan memasang yang namanya Matrix dalam mesin PS2. Yang nantinya bisa support untuk game melalui harddisk external ataupun Flash Disk dengan memakai colokan USB di port PS2. Simpelnya game melalui CD tidak lagi didukung alias optiknya tidak lagi berfungsi membaca kaset CD.
    Beberapa waktu kemudian saya membawa PS2 nya di tempat servis PS di kota. Nama tempat servisnya adalah toko Central Game.  Saya langsung menjelaskan maksud bahwa ingin mengupgrade perangkat PS2. Penjaga tokonya langsung mengetest apakah PS nya masih layak untuk di upgrade atau tidak dan ternyata bisa.

    Selanjutnya penjaga toko menghitung biaya yang harus dibayarkan kurang lebih seperti ini :
    1. Pembelian komponen Matriks  Rp. 135.000
    2. Pembelian Modchip Boot  Rp. 35.000 (kalo gak salah)
    3. Flash Disk 32 GB Rp.100.000
    4. Isi 10 game dalam flash disk @5000 Rp.50.000. 

    Sengaja tidak memilih harddisk eksternal karena kemahalan... hehe...
    Setelah melakukan pembayaran, saya di suruh menunggu sekitar 3 jam  untuk mengecek apakah PS2 sudah jadi atau tidak. 
    Akhirnya PS2 nya sudah jadi dan saya di panggil untuk "test drive" pertama kali, sambil di bimbing oleh si teknisi. Saya juga banyak tanya gara-gara masih awam dengan urutan booting PS2 hasil upgrade. Dan selesai dengan sukses...
    Sampai saat ini  sejak PSnya di upgrade,  ada beberapa kelebihan yang bisa saya rasakan antara lain :
    1. Tidak pernah lagi beli kaset/CD karena gamenya sudah ada didalam tinggal dimainkan, jika sudah bosan dengan game nya bisa di ganti dengan yang lain dengan cepat.
    2. Playstation2 lebih awet dan tidak berisik dibanding memakai kaset/CD
    3. Waktu loading gamenya lebih cepat.
    Ada juga kekurangannya yaitu kapasitas flashdisk yang terbatas yang hanya bisa menampung   9 sampai 10 game jadi main game itu-itu saja. Tapi jika sudah bosan bisa hapus lalu ganti dengan game lain. Penggantian game seharga Rp. 5000 per game. 

    Demikian pengalaman saya dalam mengupgrade perangkat Game PS2 slim jadul. 


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar